Wednesday, February 23, 2011

Tips Bodoh Memperkuat Sinyal Modem HSDPA

Full Signal

Oke, langsung saja, sesuai judul, saya akan share satu tips aneh tapi cukup terbukti untuk memperkuat sinyal modem anda. Kita tahu sendiri kalau di Indonesia yang namanya internet memang paling susah. Udah bayarnya gak murah-murah amat, speednya lemot, dan susah dapat sinyal yang optimal. Nah, di kesempatan ini saya ingin share satu hal yang saya lakukan untuk mendapatkan sinyal yang optimal. Tentu saja dalam kasus ini, hanya berlaku untuk modem mobile (yang memakai service operator selular).

Sebenarnya tips ini saya dapat dari salah satu postingan di kaskus. Cuma, saya lupa postingan yang mana (maaf, jadi tidak bisa saya tuliskan sumber detailnya). Menurut postingan itu, kita bisa memperoleh sinyal optimal dengan menggunakan bantuan sendok atau kaleng atau tempat kobokan yang dari logam. Nah, katanya sih, modemnya tempelkan saja dengan benda itu untuk dapat sinyal optimal. Secara ilmiah, saya gag terlalu ngerti juga. Tapi yang jelas hal ini dilakukan dengan meniru konsep satelit parabola atau wajan bolic yang berbentuk cakram untuk menangkap gelombang elektromagnet dari server.

Nah, berhubung sendok di rumah saya dipake makan, terus saya juga tidak punya kaleng bekas, apalagi tempat kobokan, akhirnya saya coba cari solusi lain, yaitu dengan CD bekas. Tinggal pasangin aja CD itu dengan modem kita seperti gambar di bawah ini:

Modem + CD

Setelah dipasang seperti gambar di atas, coba saja cek sinyal yang didapat modem anda. Dan akhirnya, taadaa…. Saya mendapatkan sinyal HSDPA penuh!!!

Sinyal HSDPA Penuh (Lihat Sinyalnya!)

FYI, biasanya di tempat saya tidak selalu dapat sinyal penuh. Untuk waktu-waktu normal biasanya 3 bar. Jadi, bisa dibilang tips ini cukup akurat untuk dapat sinyal yang optimal.

Silakan dicoba jika anda penasaran. Segala hal yang terjadi pada anda akibat menggunakan tips bukan tanggung jawab saya. Oh iya, tambah satu hal lagi, dengan meningkatnya sinyal bukan berarti mempercepat speed internet anda!!! Speed internet memang dipengaruhi sinyal juga, namun masih ada faktor lain seperti jumlah BTS, bandwith limit, dan lainnnya. Jadi, walaupun sinyal dapat yang optimal dan speed internet masih lemot, itu masih wajar di Indonesia.

Oke, sekian yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan tetap semangat.


12 comments:

  1. eh blog baru ta? bakaisgoblog endi?

    ReplyDelete
  2. @Anoyingmous: ini gabungan bakaisgoblog dengan bakajunichi, cuma di-rename

    ReplyDelete
  3. Kalau saya ditaruh di atas komputer, kebetulan casingnya warna putih, ya walaupun warnanya tidak serupa dengan sendok, kobokan, cd apalagi kaleng.. tp setidaknya signal langsung full.. beda kalau ditaruh disamping komputer ... paling signalnya cm 2 atau 3 batang... jd kalau yang punya casing komputer berwarna putih... anda beruntung n nggak perlu repot2 cari benda-benda tadi... trik ini saya temukan tanpa sengaja dan sudah lama sekali saya lakukan...

    ReplyDelete
  4. @dam-di

    wah, mantap tu gan. Bisa dijelaskan lebih detail gmn casing kok bisa pengaruhi sinyal? hehe

    ReplyDelete
  5. thanks,.. it's work

    ReplyDelete
  6. Wah patut u di coba nih...jd penasaran

    ReplyDelete
  7. Kalau casingnx dr aluminium ya pasti..soalnx tuh penangkap sinyal yg baik..makanx smua antena tv pake aluminium...
    Coba pake seng..pasti kurang baik..makanx skrng ultrabook beralik ke casing aluminium..yg lbh kuat juga sbg pngumpul sinyal kawan..hehehee

    ReplyDelete
  8. kalo ane pake wajan bolik untuk cdma antena tvi induksi untuk hsdpa

    ReplyDelete
  9. Mantaaaap!!! kuda di coba nih, putus2 soalnya di tempat saya

    ReplyDelete

Leave your comments here